Free Naruto Cursors at www.totallyfreecursors.com

10/08/2012

alat peraga, alat interaktif, dan macam-macam monitor


1.     Alat Peraga
Alat Peraga  digunakan untuk menampilkan teks atau gambar, alat peraga dibedakan menjadi 2 macam, yaitu: hard-copy dan soft-copy .
Hard-Copy, adalah alat peraga yang bersifat tetap, dimana gambar atau teks yang ditampilkan pada alat peraga tersebut permanen. Contoh: Printer dan Plotter
Printer
Plotter


Soft Copy adalah peraga yang bersifat tidak permanen seperti:, Proyektor LCD dan monitor
PROYEKTOR LCD

Monitor


2.     Alat Interaktif 
Alat Interaktif adalah perangkat-perangkat yang digunakan untuk memberi perintah komputer. Perangkat interaktif contohnya:  Mouse, Trackball, dan Gamepad
 Mouse

 Trackball


Gamepad



Model monitor ada 3 macam yaitu : 

1.     Monitor komputer 
adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

2.     Monitor CRT

CRT (Cathode Rsdsday Tube) atau tabung sinar katoda ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun ,teknologi yang digunakan adalah tabung sinar katoda. 




3.     Monitor LCD
LCD singkatan dari Liquid Crystal Display,
Pada mulanya LCD display digunakan pada komputer laptop sebelum teknologi meningkat dan akhirnya di pakai pada  monitor desktop. LCD monitor  terdiri dari lima lapisan yaitu  backlight, selembar kaca terpolarisasi  , mask piksel berwarna  , lapisan larutan kristal cair responsif terhadap kotak kabel dari koordinat x, y, dan selembar kaca terpolarisasi kedua.



4.     Monitor Plasma
Monitor Plasma atau lebih dikenal dengan PDP (Panel Display Plasma) adalah perangkat layar datar yg menggunakan fenomena gas discharge untuk menampilkan gambar.

Berdasarkan gambar yang dihasilkan :



1.     Monochrome display
 adalah jenis CRT layar komputer yang sangat umum di hari-hari awal komputasi, dari 1960-an hingga 1980-an, sebelum warna monitor menjadi populer. Mereka masih banyak digunakan dalam aplikasi seperti komputerisasi cash register sistem layar Green adalah nama umum untuk sebuah monitor monokrom menggunakan. hijau "P1" fosfor layar.
Melimpah di-awal-pertengahan 1980-an, mereka berhasil Teletype terminal dan CRT warna didahului sebagai perangkat output dominan visual untuk komputer.

Desain

Tidak seperti monitor warna, yang menampilkan teks dan grafis dalam beberapa warna melalui penggunaan bolak-intensitas warna merah, hijau, dan biru fosfor , monitor monokrom hanya memiliki satu warna fosfor (mono berarti "satu", dan krom berarti "warna").Semua teks dan grafis yang ditampilkan dalam warna itu. Beberapa monitor memiliki kemampuan untuk mengubah kecerahan individupiksel , sehingga menciptakan ilusi kedalaman dan warna, persis seperti televisi hitam-putih.

 Contoh

Terkenal contoh monitor monokrom awal adalah VT100 dari Digital Equipment Corporation , yang dirilis pada tahun 1978, dan IBM 5151, yang disertai IBM PC Model 5150 pada 1.981 rilis. The 5151 dirancang untuk bekerja dengan PC Adapter Tampilan Monochrome (MDA) text-satunya kartu grafis , tetapi pihak ketiga Hercules Graphics Card menjadi pendamping populer untuk layar 5151 karena 'Hercules resolusi tinggi bitmapped kemampuan monokrom grafis, banyak digunakan untuk grafis presentasi bisnis yang dihasilkan darispreadsheet seperti Lotus 1-2-3 .
Monitor monokrom sangat rentan terhadap layar membakar (maka munculnya, dan nama, dari screen saver ), karena fosfor yang digunakan adalah intensitas yang sangat tinggi. Efek lain dari intensitas tinggi fosfor adalah efek yang dikenal sebagai "ghosting", dimana suatu Pijaran ekor redup isi layar adalah sebentar terlihat setelah layar telah blanked. Ini memiliki tempat tertentu dalam budaya pop , sebagaimana dibuktikan dalam film seperti The Matrix.


Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau diode cahaya organik adalah sebuah semikon duktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.
OLED merupakan piranti penting dalam teknologi elektroluminensi. Teknologi tersebut memiliki dasar konsep pancaran cahaya yang dihasilkan oleh piranti akibat adanya medan listrik yang diberikan. Teknologi OLED dikembangkan untuk memperoleh tampilan yang luas, fleksibel, murah dan dapat digunakan sebagai layar yang efisien untuk berbagai keperluan layar tampilan.
Jumlah warna dari cahaya yang dipancarkan oleh piranti OLED berkembang dari satu warna menjadi multi-warna. Fenomena ini diperoleh dengan membuat variasi tegangan listrik yang diberikan kepada piranti OLED sehingga piranti tersebut memiliki prospek untuk menjadi piranti alternatif seperti teknologi tampilan layar datar berdasarkan kristal cair.
beberapa teknologi layar tampilan dengan teknologi OLED sudah masuk ke pasar, mulai dari alat penerangan, alat konsumsi rumah tangga seperti televisi, gadget seperti telepon genggam, papan ketik (keyboard), kamera digital, jam tangan digital, komputer jinjing (laptop), layar komputer, sampai pada alat informasi seperti layar pengumuman di pasar swalayan, bandara, hotel atau rumah sakit.

Berdasarkan kegunaan :
1.     Alat Input

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
beberapa contoh :

   
 Data = Text yang belum diproses,
    Angka-angka,
    Gambar-gambar,
    Audio, dan video
    Instructions = Program
    Perintah-perintah (Commands)

Berdasarkan output :

1.     Gambar Bitmap
          Gambar bitmap atau yang sering juga disebut raster adalah gambar yang terdiri dari sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan mempunyai warna sendiri pula yang membentuk sebuah gambar.
Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Jika gambar diperbesar maka gambar akan tampak kurang halus sehingga mengurangi detailnya. Selain itu gambar bitmap akan mempunyai ukuran file yang lebih besar. Semakin besar resolusi gambar akan semakin besar pula ukuran filenya.
Bitmaps sangat sempurna untuk foto dan lukisan digital bitmap menghasilkan reproduksi gradasi warna dengan baik. Bitmaps adalah resolution-dependent ,yang berarti merubah ukuran gambar akan mempengaruhi kualitas gambar itu sendiri.

Contoh software yang berbasis bitmap adalah Adobe Photoshop, Paint, CorelPhotoPaint,
dan lain-lain.




Contohnya gambar bitmap adalah pada gambar di atas. Gambar kiri merupakan gambar yang asli dengan tampilan 100% sedangkan gambar yang kanan adalah gambar yang sudah diperbesar. Gambar yang kanan kelihatan kurang halus (kotak-kotak) setelah diperbesar 500%.

2.     Gambar Vektor



          Gambar vektor adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vektor. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar.
Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi. Kita dapat memperbesar atau memperkecil ukuran gambar tanpa kehilangan detail gambarnya. Disamping itu gambar vektor akan mempunyai ukuran file yang lebih kecil dan dapat diperbesar atau diperkecil bentuknya tanpa merubah ukuran filenya.
Vektor Grafik sangat cocok untuk membuat ilustrasi dan logo sebab vektor merupakan resolution-independent dan fleksibel terhadap berbagai ukuran tanpa merubah kualitas gambar, artinya ukuran gambar tidak mempengaruhi kualitas gambar itu sendiri

Contoh software yang digunakan untuk membuat gambar vektor antara lain CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, dan lain-lain.



Contohnya gambar vektor adalah pada gambar di atas. Gambar yang kiri merupakan gambar yang asli sedangkan gambar yang kanan adalah gambar yang sudah diperbesar. Gambar yang kanan masih kelihatan halus walaupun sudah diperbesar 500%.



Sumber :  http://agietsetiawan.wordpress.com/2011/06/08/jenis-jenis-alat-input-komputer-dan-fungsinya/
http://auliadin08390110021.wordpress.com/input-device/
http://id.wikipedia.org/wiki/Monitor_komputer
http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_vektor
http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_bitmap
http://febisuantari.blogspot.com/2010/08/perbedaan-gambar-bitmap-dan-vektor-1.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_vektor
http://id.wikipedia.org/wiki/OLED
http://id.wikipedia.org/wiki/monocrome